Minggu, 03 Januari 2010

Tugas Bahasa Indonesia

TUGAS BAHASA INDONESIA

Nama : ANDREW AGUSTAR

NPM : 11107904

Kelas : 3KA06


  1. Terdiri dari unsur apa bahasa itu, Sebutkan dan Jelaskan !

  1. Fonem

yaitu unsur terkecil dari bunyi ucapan yang bisa digunakan untuk membedakan arti dari satu kata. Contohnya kata ular dan ulas memiliki arti yang berbeda karena perbedaan pada fonem /er/ dan /es/. Setiap bahasa memiliki jumlah dan jenis fonem yang berbeda-beda. Misalnya bahasa Jepang tidak mengenal fonem /la/ sehingga perkataan yang menggunakan fonem /la/ diganti dengan fonem /ra/.

  1. Morfem

yaitu unsur terkecil dari pembentukan kata dan disesuaikan dengan aturan suatu bahasa. Pada bahasa Indonesia morfem dapat berbentuk imbuhan. Misalnya kata praduga memiliki dua morfem yaitu /pra/ dan /duga/. Kata duga merupakan kata dasar penambahan morfem /pra/ menyebabkan perubahan arti pada kata duga.

  1. Sintaksis

yaitu penggabungan kata menjadi kalimat berdasarkan aturan sistematis yang berlaku pada bahasa tertentu. Dalam bahasa Indonesia terdapat aturan SPO atau subjek-predikat-objek. Aturan ini berbeda pada bahasa yang berbeda, misalnya pada bahasa Belanda dan Jerman aturan pembuatan kalimat adalah kata kerja selalu menjadi kata kedua dalam setiap kalimat. Hal ini berbeda dengan bahasa Inggris yang memperbolehkan kata kerja diletakan bukan pada urutan kedua dalam suatu kalimat.

  1. Semantik

mempelajari arti dan makna dari suatu bahasa yang dibentuk dalam suatu kalimat.

  1. Diskurs

mengkaji bahasa pada tahap percakapan, paragraf, bab, cerita atau literature.


  1. Apa yang terjadi apabila kita tidak memiliki bahasa ?

Yang terjadi apabila kita tidak memiliki bahasa adalah kita tidak dapat berkomunikasi atau berinteraksi dengan lawan komunikasinya atau kesulitan. Karena bahasa mempunyai fungsi sebagai alat komunikasi, sebagai alat untuk mengekspresikan diri, dan beradaptasi social dalam lingkungan atau situasi tertentu, dan sebagai alat untuk melakukan kontrol sosial.


  1. Benarkah bahasa dapat mempengaruhi perilaku manusia ? Jelaskan !

Menurut Sabriani ( 1963 ), mempertanyakan apakah bhasa mempengaruhi perilaku manusia atau tidak? Sebenarnya ada variable lain yang berada diantara variable bahasa dan perilaku. Variable tersebut adalah varaiabel realita. Jika hal ini benar, maka terbukalah peluang bahwa belum tentu bahasa yang mempengaruhi perilaku manusia, bias jadi realita atau keduannya.

Kehadiran realita dan hubungannya dengan variable lain, yakni bahasa dan perilaku, perlu dibuktikan kebenarnnya. Selain itu, perlu juga dicermati bahwa istilah perilaku menyiratkan penutur. Istlah perilaku merujuk ke perilaku penutur bahasa, yang dalam artian komunikasi mencakup pendengar, pembaca, pembicara, dan penulis.


  1. Pada ragam lisan pengucapan bunyi-bunyi bahasa yang kurang tepat dapat mengalihkan perhatian pendengar atau terjadi kesalahanpahaman, berikan contoh dan jelaskan !

Bahasa merupakan suatu sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer, yang dapat diperkuat dengan gerak-gerik badaniah yang nyata. Ia merupakan simbol karena rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia harus diberikan makna tertentu pula. Simbol adalah tanda yang diberikan makna tertentu, yaitu mengacu kepada sesuatu yang dapat diserap oleh panca indra.
Berarti bahasa mencakup dua bidang, yaitu vokal yang dihasilkan oleh alat ucap manusia, dan arti atau makna yaitu hubungan antara rangkaian bunyi vokal dengan barang atau hal yang diwakilinya,itu.

Bunyi itu juga merupakan getaran yang merangsang alat pendengar kita (=yang diserap oleh panca indra kita, sedangkan arti adalah isi yang terkandung di dalam arus bunyi yang menyebabkan reaksi atau tanggapan dari orang lain).

Arti yang terkandung dalam suatu rangkaian bunyi bersifat arbitrer atau manasuka. Arbitrer atau manasuka berarti tidak terdapat suatu keharusan bahwa suatu rangkaian bunyi tertentu harus mengandung arti yang tertentu pula.

Sebagai contoh, apakah seekor hewan dengan ciri-ciri tertentu dinamakan anjing, dog, hund, chien atau canis itu tergantung dari kesepakatan anggota masyarakat bahasa itu masing-masing tapi kita sering mendengar ketika seseorang kesal dengan sispapun lalu ia memanggil orang tersebut dengan sebutan “ anjing”.


  1. Salah satu fungsi bahasa adalah untuk menyatakan ekspresi diri, unsur-unsur apakah yang dapat mendorong ekspresi diri tersebut ?

Sebagai alat untuk menyatakan ekspresi diri, bahasa menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam dada kita, sekurang-kurangnya untuk memaklumkan keberadaan kita. Unsur-unsur yang mendorong ekspresi diri antara lain :

  • agar menarik perhatian orang lain terhadap kita,

  • keinginan untuk membebaskan diri kita dari semua tekanan emosi.

Pada taraf permulaan, bahasa pada anak-anak sebagian berkembang sebagai alat untuk menyatakan dirinya sendiri (Gorys Keraf, 1997 :4).



0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Volkswagen Cars. Powered by Blogger