Minggu, 23 Mei 2010

LETAKKAN BEBAN DIRI KITA

Saat menjelaskan tentang manajemen stress, seorang dosen mengangkat segelas air dan bertanya, “ Berapa berat air dalam gelas ini ?” Jawabannya berkisar antara 20 – 500 g . Kata dosen itu lagi, “ Berat pastinya bukan masalah. Beratnya tergantung lama kalian mengangkatnya.”

“Jika saya mengangkat selama satu menit, tidak ada masalah. Jika saya angkat selama satu jam, pasti lengan kanan saya akan sakit. Jika saya angkat selama satu hari maka kalian harus memanggil ambulan. Dari contoh tadi, dengan berat yang sama, namun semakin lama saya mengangkatnya maka semakin berat pula bebanya.”

Dia melanjutkan, “ Dan demikian juga dengan manajemen stress. Jika kita membawa beban kita sepanjang waktu, cepat atau lambat, saat bebanya semakin berat, kita tak akan bisa menangungnya lagi.sebagaimana contoh segelas air tadi, kalian harus meletakannya sejenak dan beristirahat sebelum mengangkatnya lagi. Saat kita sudah segar, kita bisa memikul beban itu.”

Kehadiran telepon seluler, PDA, dan e-mail merupakan tanda bahwa kita sebenarnya tak bisa lepas dari pekerjaan. Sebelum kalian pulang di malam hari, letakkan semua beban pekerjaan. Apa pun beban lain yang kalian pikul, jika bisa letakkan juga sejenak. Santailah, kemudia ambil mereka lagi setelah kalian cukup beristirahat. Ingat, hidup itu singkat!

0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Volkswagen Cars. Powered by Blogger